Soal UTS

Soal UTS
1.      Cara berkomunikasi ketika penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi dilakukan dengan atau melalui jaringan internet adalah pengertian ....
a.     Komunikasi daring sinkron
b.     Komunikasi daring
c.     Komunikasi daring asinkron
d.     Etika komunikasi
e.     Warga digital

2.      Sebuah layanan, aplikasi, atau program dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang online adalah pengertian ....
a.     Text chat
b.     Video chat
c.     Skype
d.     Line
e.     Menulis blog

3.      Berikut ini yang benar secara individu yang memanfaatkan TI adalah ....
a.     Berkomunikasi dengan teman lain
b.     Mencari informasi (share)
c.     Bermain game
d.     Bekerja
e.     Mengunduh tugas bahan tugas

4.      Berikut dari efek positif komunikasi digital adalah ....
a.     Ketergantungan
b.     Tidak adanya privacy
c.     Menghemat biaya
d.     Mudah dalam mengakses
e.     Menggunakan kesantunan

5.      Line, BBM, google talk, yahoo messenger termasuk contoh ....
a.     Presentasi
b.     Etika komunikasi
c.     Komuniasi daring sinkron
d.     Komunikasi daring asinkron
e.     Komunikasi daring

6.      Email, website forum dan word wide web (www) termsuk contoh ....
a.     Warga digital
b.     Etika komunikasi
c.     Komunikasi daring asinkron
d.     Komunikasi daring sinkron
e.     Presentasi

7.      Berikut ini efek negative dari komunikasi digital adalah ....
a.     Tidak adanya privacy
b.     Menghemat biaya
c.     Dapat dilakukan kapan saja
d.     Lebih kreatif
e.     Menghargai privasi oranglain

8.      Teknologi untuk melakuka interaksi audio dan video secara langsung pada saat yang sama (Real Time) antara pengguna dilokasi yang berbeda adalah ....
a.     Text chat
b.     BBM
c.     Video chat
d.      Skype
e.     Line

9.      Jenis komunikasi salah sat u yang berkembang dengan pesat saat ini dimana isu etika komunikasi digital menjadi salah satu hal yang sering dibahas berikut termasuk pengertian ....
a.     Etika komunikasi
b.     Warga digital
c.     Komunikasi daring asinkron
d.     Komunikasi digital

10.  Berikut dibawah ini yang benar ciri-ciri komunikasi Daring Sinkron adalah ....
a.     Mencari informasi
b.     Tidak real time
c.     Dapat langsung saling berbalas-balasan
d.     Mudah dalam mengakses
e.     Berkomunikasi dengan teman



11.  Berikut contoh dari warga Digital adalah ....
a.     Menulis blog
b.     Vidio chat
c.     Gmail
d.     Line
e.     Skype

12.  Orang yang sadar tentang hal yang baik dan hal yang kurang baik / tidak baik menunjukan kecerdasan perilaku teknologi  dan membuat pilihan yang tepat ketika menggunakan teknologi termasuk pengertian adalah ....
a.     Presentasi
b.     Warga digital
c.     Komunikasi daring asinkron
d.     Etika komunikasi
e.     Komunikasi darig sinkron

13.  Komunikasi menggunakan komputer sebagai media dan terjadi secara serempak adalah pengertian ....
a.     Komunikasi daring sinkron
b.     Komunikasi daring
c.     Warga digital
d.     Komunikasi digital
e.     Komunikasi daring asinkron

14.  Komunikasi menggunakan perangkat komputer atau smartphone dan dilakukan secara tunda adalah pengertian ....
a.     komunkasi daring sinkron
b.     etika komunikasi
c.     mencari informasi
d.     komunikasi daring asinkron
e.     menggunakan kesantunan

15.  Berikut dibawah ini contoh yang benar dari komunikasi daring sinkron adalah ....
a.     Text chat
b.     Etika komunikasi
c.     Line
d.     Gmail
e.     BBM


16.  Berikut dibawah ini yang benar ciri-ciri komunikasi daring asinkron adalah ....
a.     Tidak real time
b.     Mencari informasi
c.     Balasan tidak langsung diterima pengiriman pesan
d.     Dapat langsung saling berbalas-balasan
e.     Mudah dalam mengakses

17.  Untuk mempermudah dalam berkomunikasi dan menyampaikan suatu informasi secara tidak langsung maupun secara langsung adalah pengertian ....
a.     Komponen pendukung komunikasi daring
b.     Video chat
c.     Fungsi komunikasi daring
d.     Komponen perangkat keras
e.     Tujuan komunikasi daring

18.  Komunikasi daring mulai dikembangkan pada era tahun ....
a.     1990- an
b.     1980- an
c.     1970- an
d.     1960- an
e.     1950- an

19.  Keuntungan komunikasi daring adalah ....
a.     Mambatu mempercepat pekerjaan manusia
b.     Mempermudah komunikasi jarak jauh
c.     Mempermudah sistem administrasi
d.     Mempermudah proses transaksi keuangan
e.     Semua pilihan benar

20.  Komunikasi daring memiliki dua jenis, yaitu ....
a.     Video chat dan text chat
b.     Komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung
c.     Chatting dan video call
d.     Komunikasi daring asinkron
e.     Komunikasi daring sinkron




21.  Berikut dibawah ini contoh presentasi yang efektif dan menarik adalah ....
a.     Kecakapan menguasai audience
b.     Melakukan simulasi
c.     Pengontrolan audience
d.     Memberikan tayangan video
e.     Menyimak materi

22.  Apa yang biasanya ada pada sebuah presentasi standar ....
a.     Membuat backup data slide
b.     Membuat visualisasi positif
c.     Gerak tubuh dan ekspresi
d.     Membuat konsep
e.     Isi dari slide powerpointnya menggunakan LCD

23.  Salah satu hal yang dapat dilakukan menguasai dan memahami materi dengan baik adalah ....
a.     Melakukan simulasi presentasi
b.     Dengan membacakan berulangkali
c.     Perhatikan slide
d.     Perhatikan kontak mata
e.     Membuat konsep

24.  Fungsi komunikasi daring adalah sebagai berikut ....
a.     Meningkatkan intensitas berkomunikasi
b.     Efisiensi waktu
c.     Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya
d.     Kendali, komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku
e.     Meningkatkan partisipasi

25.  Tujuan dibangunnya jaringan komputer, yaitu sebagai berikut ....
a.     Memungkinkan pengiriman data dalm jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan
b.     Membantu perkembangan motivasi
c.     Meningkatkan intensitas berkomunikasi
d.     Efisiensi waktu
e.     Efisiensi biaya



26.  Komunikasi daring ada dua jenis yaitu ....
a.     Komunikasi text chat dan video chat
b.     Komunikasi lisan dan nirkata
c.     Komunikasi tertulis dan lisan
d.     Komunikasi formal dan menurut prilaku
e.     Komunikasi informal dan non formal

27.  Komunikasi Daring memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi                 konvensional, yaitu ….
      a. Motivasi, komunikasi membantu perkembangan perilaku
      b. Meningkatkan intensitas berkomunikasi
      c. Kendali, komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku
      d. Pengungkapan emosional
      e. Memudahkan pengelolaan

28. Komponen-komponen pendukung komunikasi Daring dapat dikelompokan menjadi tiga           bagian, yaitu sebagai berikut ….
      a. Komponen perangkat keras, perangkat lunak, dan perangkat nalar
      b. Komponen akses digital, komunikasi digital, dan literasi digital
      c. Komponen hak digital, etika digital, dan keamanan digital
      d. Komponen hukum digital, transaksi digital, dan kesehatan digital
      e. Komponen suara edukasi, radio edukasi, dan mobile learning

29. Layanan Skype berdasarkan fiturnya adalah ….
      a. Layanan gratis dan bayar
      b. Layanan bayar
      c. Layanan pascabayar
      d. Layanan gratis
      e. semua pilihan salah

30. Berikut yang termasuk langkah-langkah menggunakan aplikasi Skype adalah ….
      a. Undang alamat e-mail yang akan diajak komunikasi
      b. Untuk menambah teman
      c. Berkomunikasi secara video call
      d. Mengisi alamat e-mail yang telah kita punya
      e. Unduh dan install aplikasi skype terlebih dahulu dikomputer






Jawaban yang benar :
B
A
D
D
C
C
A
C
E
C
A
B
A
D
A
C
E
D
E
B
A
E
B
D
A
B
B
A
D
E

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat-Alat Kearsipan Kantor

Jenis-jenis pekerjaan kantor

Menghapal posisi Keyboard